> Gilang Suryo Nugroho: wawancara pengemis

Search

Thursday, September 17, 2015

wawancara pengemis




Melihat adik-adik yang berdiri di sebuah tempat yang terlihat letih,pakaian yang sederhana saya jadi ingat ada tugas dari kampus untuk wawancara, kemudian saya dan teman saya mendatanginya dan bertanya-tanya kepada dia.

Saya : Halo dik. (sambil menyalami anak kecil yang sedang berdiri di      pinggir jalan)
Rizal  : (lari terbirit” melihat saya dan teman saya ) .
Saya   : saya mengejarnya dan akhirnya saya dan teman saya menghentikannya, kemudian saya tanya, “kenapa lari dik” ?
Rizal  : (sambil menunduk)  saya takut mas .
Saya   : kenapa kok takut?
Rizal  : saya kira masnya mau melaporkan saya ke satpol pp
Saya   : (sambil senyum) nggk kok , tenang saja 
Saya   : Maaf menggangu dik, bisa minta waktunya sebentar ?
Rizal   : Iya. Kenapa ?
Saya    : Saya mendapat tugas wawancara dari sekolah.
Bisa saya wawancara dgn kamu dek ?
Rizal  : Iya. Silahkan
Saya   : Adek nggk sekolah kenapa ?
Rizal  : Dulu saya pernah sekolah mas. Tapi, sejak 5 bulan lalu saya menjadi pengemis karena orang tua saya gak punya biaya.
Saya   : Oh. Nama kamu siapa dek ?
Rizal  :  Rizal mas.
Saya   : Rumah adek dmana ?
Rizal  : makam haji mas !
Saya   : Punya kakak atau adik ?
Rizal  : punya sedulur 1 cewe mas.
Saya   : Kalo boleh tau, mengapa adek  jadi pengemis ?
Rizal  : Karena sejak bapak meninggal, saya harus cari uang. Saya berhenti sekolah
Karena saya anak laki” dan harus membantu ibu saya.
Saya   : kamu hebat dek (sambil berkaca-kaca). Umur adek  berapa ?
Rizal   : 7 tahun mas.
Saya    : Dimana kamu biasa mencari uang ?
Rizal    : Di daerah sini (sekitar jalan raya solo-semarang). Dan di lampu merah yang lain mas.
Saya    : Berapa penghasilan kamu per hari ?
Rizal   : paling banyak 100ribu. Paling sedkit 30ribu per hari.
Saya    : Apakah penghasilan adek itu cukup untuk kebutuhan keluarga sehari-hari ?
Rizal    : Alhamdulillah, cukup.
Saya     : Jam berapa kamu biasa memulai bekerja ?
Rizal    : Jam 8 pagi mas jam 1 pulang untuk shalat dhuhur lalu kembali lagi kesini.
Saya     : Sekarang kan ada Undang-Undang yang mengatur bahwa memberi uang kepada Pengemis di jalan bisa di denda. Bagaimana menurut kamu ? apa kamu pernah kena razia ?
Rizal   : Saya pernah di tangkap mas d kasih bimbingan. tapi, dilepaskan kembali hanya di data saja .Saya tidak setuju Undang-Undang itu.
Saya    : Apa harapan kamu kepada Pemerintah ke depannya ?
Rizal  : Saya berharap bantuan kepada orang miskin seperti saya terus ada.
Saya : Semoga harapan adek terkabulkan. Saya boleh maen kerumah adek nggk
Rizal  : Iya, mas boleh. Ayo sekarang

Kemudian saya berkunjung kerumahnya, dan bertemu ibunya yang bernama bu tini,  hanya sebentar dan ngasih sumbangan nggk seberapa, kemudian saya kembali ke kos, kemudian malam harinya saya ajak dek rizal main dan mengajarnya pelajaran, pelajaran yang dia suka matematika.

No comments:

Post a Comment